METROPOP

Fakta tentang
Hanum & Rangga

image 1
image for mobile / touch device

Foto: Munady Widjaja/detikcom 

Novel 99 Cahaya di Langit Eropa laris manis. Novel ini dibuat oleh pasangan suami-istri Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Saat ini sudah dicetak ulang ke-23 kali.

Hanum Salsabiela Rais adalah putri politikus Amien Rais. Ia lahir di Yogyakarta pada 12 April 1982. Lulus dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada, ia menjadi jurnalis Trans TV. Saat ini Hanum, selain menjadi penulis, bekerja untuk TV lokal Yogyakarta.

image 2
image for mobile / touch device

Foto: Munady Widjaja/detikcom

Rangga Almahendra mendapat gelar sarjana dari Institut Teknologi Bandung dan melanjutkan S-2 di UGM. Ia mendapat beasiswa dari pemerintah Austria untuk melanjutkan studi S-3 di Vienna University of Economics and Business (WU). Saat ini ia jadi dosen di Johannes Kepler University dan UGM.

image for mobile / touch device

image for mobile / touch device

Foto: Dok. Pribadi

Novel 99 Cahaya di Langit Eropa ditulis di Austria. Rangga saat itu tengah menempuh pendidikan S-3. Hanum ikut pindah ke Austria untuk menemani Rangga. Hanum lantas menjadi koresponden untuk detikcom bagi kawasan Eropa dan sekitarnya dan bekerja untuk proyek video podcast Executive Academy di WU Vienna selama 2 tahun.

Novel 99 Cahaya di Langit Eropa tidak mengalami kesulitan untuk diterbitkan. PT Gramedia Pustaka Utama langsung setuju menerbitkannya begitu Hanum menawarkan bukunya.

Hanum dan Rangga sering disebut sebagai couple-preneurs. Pasangan ini bertualang, menulis, dan terlibat dalam film buku-bukunya bersama. Mereka mengidolakan Dan Brown dan biasa menulis bersama pada pukul 04.30 WIB.

Dalam 99 Cahaya di Langit Eropa, Hanum banyak memberi sentuhan emosional. Sedangkan Rangga memberi sentuhan fakta sejarah dan pengetahuan. Untuk mematangkan ide, Hanum dan Rangga berdiskusi, bahkan tidak jarang keduanya berantem.

Lewat buku serta film, Hanum dan Rangga ingin mengajak umat Islam menjadi agen muslim yang baik dengan tidak terjerumus ke dalam radikalisme dan kekerasan.

Video: 99 Cahaya di Langit Eropa dan Bulan Terbelah di Langit Amerika

Kamis, 26 Mei 2016

Reporter: Melisa Mailoa
Penulis/Editor: Iin Yumiyanti
Desainer: Fuad Hasim

Rubrik Metropop mengupas kehidupan sosial, seni, dan budaya masyarakat perkotaan.