0%

Statistik
dan Catatan Menarik
Piala Dunia 2018

Rangkuman Peristiwa Piala Dunia FIFA ke-21 di Rusia 2018

Scroll Down

KARTU
KUNING

219

Kroasia merupakan tim dengan jumlah kartu kuning terbanyak (15 kartu kuning).

4

KARTU
MERAH

Jumlah kartu merah paling sedikit sejak Piala Dunia 1978 (3 kartu merah).

JUMLAH
OPERAN

49651

49.651 Operan sukses, 775,8 Rata-rata operan per pertandingan, Operan sukses terbanyak adalah 485, Sergio Ramos, Spanyol.

169

JUMLAH
GOL

Ada total 169 gol yang lahir dari 64 laga Piala Dunia 2018 (rata-rata 2,6 gol per pertandingan). Cuma Piala Dunia 2014 dan 1998 yang menghadirkan lebih banyak gol dalam satu turnamen (masing-masing 171 gol). Harry Kane menjadi top skor dengan 6 gol.

VAR - detikcom VAR - detikcom

VAR

Video Assistant Referee (VAR) Untuk kali pertama, VAR digunakan di Piala Dunia setelah sebelumnya diterapkan dalam beberapa kompetisi liga Eropa. VAR pun sudah banyak bekerja di pertandingan-pertandingan Piala Dunia tahun ini.

VAR digunakan wasit untuk membantu membuat keputusan. Wasit bisa meninjau ulang sebuah insiden krusial untuk membuat keputusan lebih baik, dengan melihat tayangan ulang.

VAR - detikcom
VAR - detikcom

CARA KERJA VAR

  • Wasit video berbicara kepada wasit di lapangan melalui earpiece.
  • Wasit lapangan akan memberi isyarat tangan tanda pertandingan dihentikan lebih dulu dan memberi tahu para pemain bahwa keputusan sedang ditinjau.
  • Keputusan VAR. Dalam hal ini, wasit akan memberi isyarat lewat gerakan kedua tangannya yang membentuk layar persegi di udara. Wasit video akan meninjau insiden itu dan wasit akan membuat sinyal yang sama jika dia ingin mengubah keputusannya.
  • Sebuah 'review di lapangan'. Wasit video akan menginstruksikan wasit di lapangan untuk menonton tayangan ulang di layar yang ada di pinggir lapangan.
VAR - detikcom
VAR - detikcom
VAR - detikcom

Jersey Nigeria Ludes Dalam Hitungan Menit

Di Piala Dunia 2018, jersey baru timnas Nigeria adalah jersey yang paling diinginkan fans seluruh penjuru dunia.

Peluncuran jersey baru timnas Nigeria sangat diantisipasi jutaan fans sepakbola berkat desainnya yang unik dan gemilang.

Dikutip dari CNBC, Senin (25/6/2018), Jersey dengan pola zig-zag hijau dan putih ini dirancang oleh Nike. Dalam hitungan menit, jersey ini laris manis dibeli para penggemar dengan harga US$ 90 atau Rp 1,2 juta (kurs Rp 14.000).

VAR - detikcom
VAR - detikcom

Bersih dan Rapi, Suasana Ruang Ganti Jepang Usai Kalah dari Belgia

Bukan cuma fans Jepang yang suka bersih-bersih sesudah pertandingan. Shinji Kagawa dkk menjadi contoh buat semua tim Piala Dunia saat meninggalkan ruang ganti dalam keadaan bersih dan rapi.

Meski tim kesayangannya tersingkir dengan menyakitkan, suporter Samurai Biru melanjutkan kebiasaan mereka bersih-bersih tribun penonton usai laga tuntas. Tapi ternyata bukan suporternya saja yang punya disiplin tinggi dan gemar bersih-bersih. Para pemain Jepang punya etos yang sama.

VAR - detikcom
VAR - detikcom

Pelatih Tim Islandia Juga Berprofesi Sebagai Dokter Gigi

Tahun ini Islandia ikut berlaga dalam Piala Dunia untuk pertama kalinya. Pelatih Heimir Hallgrímsson pun dipercaya untuk membina para pemain. Heimer sendiri merupakan sosok yang menarik. Selain berhasil mendorong timnas Islandia melaju ke pertandingan internasional, ia punya pekerjaan selain sebagai coach bola yakni dokter gigi.

Cukup unik bagaimana Heimer bisa tertarik pada dunia kedokteran dan sepakbola di saat yang bersamaan bahkan bisa menjalaninya kedua profesi itu sekaligus. Heimer pun pernah mengatakan jika dua pekerjaan tersebut dilakoninya demi 'keamanan'.

VAR - detikcom
VAR - detikcom
VAR - detikcom

Neymar di Piala Dunia 2018: Nyaris 14 Menit Tergeletak di Lapangan

Adegan Neymar jatuh bukan pemandangan asing di Piala Dunia 2018. Sebuah studi malah menunjukkan bintang Brasil itu sudah menghabiskan nyaris 14 menit tergeletak di lapangan.

Dalam hitungan tersebut Neymar bahkan menghabiskan 5 menit dan 30 detik tergeletak di rumput lapangan pertandingan lawan Meksiko, yang disingkirkan Brasil di babak 16 besar lalu.

U sai sudah Piala Dunia 2018. Prancis keluar sebagai juara setelah mengandaskan Kroasia di final dengan skor telak 4-2. Selamat buat Griezmann dkk!

SEE YOU

QATAR 2022

Penulis

Kris Fathoni W

Randy Prasetya

Doni Wahyudi

Rahmi Anjani

Kreatif

Danirus

Dimas Ibrahim

Design Grafis

Talib Abdillah

Layout Interaktif

Rendi Rahmadani

SHARE